rajabacklink

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengkonsumsi Tauge. Salah-Salah Bisa Berbahaya

24 Okt 2020  |  51x | Ditulis oleh : Admin
5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengkonsumsi Tauge. Salah-Salah Bisa Berbahaya

Aghil - Tauge merupakan salah satu sayuran yang dikenal dapat membantu meningkatkan kesuburan bagi pria. Selain itu, tauge juga  memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral, diantaranya vitamin C, zat besi, serta zinc.

Kemudian, tauge juga dapat membantu mengendalikan tingkat gula darah. Berdasarkan sebuah studi, tauge ini memiliki kemampuan mengatur aktivitas enzim amilase, dimana enzim ini merupakan enzim yang digunakan oleh tubuh untuk memecah dan mencerna gula.

Selanjutnya, tauge juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung akibat kadar kolesterol yang tinggi.

Meskipun dikenal kaya akan manfaat, ternyata tauge ini dapat menjadi bahan yang berbahaya. Jika, proses pengolahannya yang tidak tepat.

Jika salah dalam penanggulangannya, maka tauge ini dapat sebabkan sakit perut, diare, sakit kepala, muntah, pusing, dan demam. Hal ini terjadi karena adanya bakteri Salmonella yang berada di tauge. Berdasarkan survey, tauge sangat mungkin terpapar oleh bakteri Salmonella.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan, agar mengkonsumsi tauge tidak berbahaya. Dilansir dari laman alodokter, berikut lengkapnya.

  1. Saat membeli, cium bau tauge. Tauge yang segar biasanya tak berbau.
  2. Cuci dengan bersih tauge untuk menghilangkan bakteri dan kuman yang berada pada permukaan.
  3. Setelah dicuci bersih, segera masukkan tauge ke kulkas.
  4. Hindarilah mengkonsumsi tauge dalam kondisi mentah. Masak tauge hingga benar-benar matang.
  5. Penting diperhatikan, toge mentah sama sekali tidak boleh dikonsumsi anak-anak, ibu hamil, lanjut usia, dan orang yang memiliki daya tahan tubuh yang rendah. 

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengkonsumsi tauge. Hal tersebut berguna untuk menghindari adanya dampak buruk bagi kesehatan saat mengkonsumsi tauge. Semoga bermanfaat.

Berita Terkait
Baca Juga: