Tryout.id

Ini Dia Cara Atasi Insomnia, Salah Satunya dengan Minum Susu Sebelum Tidur

19 Okt 2020  |  55x | Ditulis oleh : Admin
Ini Dia Cara Atasi Insomnia, Salah Satunya dengan Minum Susu Sebelum Tidur

Aghil - Insomnia merupakan suatu gejala yang membuat Anda sulit untuk tidur. Insomnia ini tentunya akan mengganggu aktivitas harian. Karena kurangnya tidur di malam hari. Insomnia terjadi karena adanya penyakit ataupun masalah psikologis.

Karena kebutuhan kita untuk tidur, akhirnya dengan terpaksa penderita insomnia mengkonsumsi obat tidur. Namun, hal ini tentu bukan solusi jangka panjang untuk mengatasinya.

Jika Anda masih berada di tahap insomnia ringan, mungkin beberapa cara dibawah ini dapat membantu Anda. Dikutip dari laman Independent dari National Sleep Foundation, berikut selengkapnya.

Pastikan ruangan gelap

Bagi penderita insomnia, cobalah untuk tidur pada ruangan yang dingin dan gelap. Kondisi gelap ini akan mengisyaratkan otak untuk menghasilkan melatonin, hormon yang membuat Anda rileks dan tidur.

Melatonin ini akan mendinginkan suhu internal pada tubuh Anda. The Sleep Foundation merekomendasikan suhu kamar tidur sekitar 15 sampai 20 Celcius.

Buat jadwal tidur

National Sleep Foundation kemudian menyarankan pada Anda untuk menjadwal tidur Anda dengan benar. Hal ini dilakukan, meskipun dalam keadaan hari libur.

Selain itu, pastikan bahwa Anda dalam keadaan rileks dan santai sebelum tidur. Misalkan dengan bersantai, mandi, atau membaca sebuah buku. Dengan begitu, kualitas tidur akan meningkat.

Hindari menggunakan dan berinteraksi dengan ponsel dan laptop menjelang tidur. Sebab hal ini membuat otak kembali bekerja keras.

Minum susu sebelum tidur

Terakhir, National Sleep Foundation menyarankan untuk membiasakan diri dengan minum susu hangat sebelum tidur. Kebiasaan ini dipercaya membuat perasaan menjadi rileks dan tenang.

Jika semua hal diatas masih belum efektif, cobalah menggunakan kaos kaki hangat berbahan dasar wol. Berdasar peneliti asal Swiss pada jurnal Nature, ia membuktikan bahwa tangan dan kaki yang hangat akan membuat orang mudah untuk tidur.

Pakar tidur dr. Wendy Troxel juga menjelaskan bahwa, Anda harus melatih otak untuk menyadari bahwa tempat tidur merupakan tempat untuk tidur, bersantai tanpa rasa khawatir ataupun stres.

Jika Anda merasa insomnia perlu penanganan khusus, lebih baik lakukan konsultasi ke dokter.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga: