Tryout.id

Sering Digunakan Sebagai Bumbu, Ternyata Daun Bawang Kaya Akan Manfaat

19 Okt 2020  |  54x | Ditulis oleh : Admin
Sering Digunakan Sebagai Bumbu, Ternyata Daun Bawang Kaya Akan Manfaat

Aghil - Daun bawang merupakan salah satu tanaman yang sering kita temukan pada masakan. Selain berfungsi untuk meningkatkan aroma dan rasa, ternyata daun bawang ini memiliki khasiat yang tinggi. Dalam 100 gram daun bawang, mengandung sekitar 83g air, 1g protein, dan 2g serat makanan.

Daun bawang merupakan sumber yang baik dari beberapa vitamin dan mineral, termasuk vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin K, Besi, Kalsium, dan Magnesium.

Untuk mengetahui lebih lengkap akan khasiat daun bawang, mari kita cek bersama dibawah ini. Dikutip dari laman Ehealthzine, berikut selengkapnya.

Memiliki sifat anti-kanker

Daun bawang merupakan salah satu sumber dari sulfida alil, dimana senyawa ini telah terbukti dapat mengurangi risiko kanker, terutama pada bagian perut, prostata, dan usus besar.

Mencegah penyakit jantung

Daun bawang juga ternyata memiliki khasiat terkait penyakit jantung. Tanaman satu ini mampu menurunkan tekanan darah, mencegah penyakit jangtung, gagal jantung, dan juga stroke.

Melawan infeksi

Daun bawang memiliki sifat antiseptik. Sehingga membantu tubuh melawan infeksi. Jika kamu mengalami luka luar, kamu bisa menutupinya dengan daun bawang untuk mencegah adanya infeksi.

Meningkatkan kesehatan pencernaan

Daun bawang mengandung prebiotik, dimana prebiotik ini adalah bakteri baik yang dibutuhkan untuk penyerapan nutrisi lebih baik.

Selain itu, bakteri ini berfungsi untuk menghilangkan racun dan kotoran yang berbahaya pada tubuh, merangsang gerakan peristaltik, dan mengeluarkan cairan pencernaan. Sehingga membuat pencernaan menjadi lebih baik.

Menguatkan tulang

Kandungan kalsium dan magnesium yang tinggi pada daun bawang membuat daun bawang ini baik untuk menjaga kesehatan tulang. Selanjutnya, dapat membantu mengkonversi vitamin D menjadi bentuk aktif dalam tubuh yang membuat tulang semakin kuat.

Mencegah anemia

Karena mengandung zat besi, daun bawang juga dapat membantu dalam mencegah anemia. Hal ini juga kaya akan vitamin C, yang dapat membantu dalam penyerapan yang lebih baik dari zat besi dalam tubuh.

Berita Terkait
Baca Juga: