hijab

Buah Rambutan, Buah Manis nan Imut Ini Ternyata Kaya Akan Manfaat. Salah Satunya untuk Ibu Hamil

19 Okt 2020  |  67x | Ditulis oleh : Admin
Buah Rambutan, Buah Manis nan Imut Ini Ternyata Kaya Akan Manfaat. Salah Satunya untuk Ibu Hamil

Aghil - Buah rambutan adalah buah tropis yang memiliki rasa manis. Selain rasanya yang manis, ternyata banyak manfaat yang dimiliki buah kecil nan imut ini.

Dikutip dari laman Style Craze, berikut beberapa manfaat dari buah rambutan ini.

Meningkatkan kesehatan pencernaan

Rambutan kaya akan serat yang baik bagi tubuh. Serat ini dapat membantu perbaiki kesehatan pencernaan, serta mencegah masalah pencernaan seperti konstipasi. Selain itu, sifat antibakteri pada rambutan juga membunuh parasit intestinal yang membantu pengobatan diare.

Melindungi tubuh dari infeksi

Selain memiliki sifat antibakteri, rambutan juga memiliki sifat antiseptik. Sifat ini melindungi tubuh dari infeksi, mempercepat penyembuhan pada luka, dan mencegah pembentukan pada nanah.

Membantu pengobatan diabetes

Bagi para penderita diabetes, mengkonsumsi gula secara berlebih adalah suatu pantangan. Untungnya, rambutan bisa menjadi alternatif sebagai sumber energi pengganti gula.

Sebuah studi yang dilakukan di Tiongkok mengungkapkan bahwa kulit rambutan memiliki sifat anti-diabetes. Ekstrak fenolik dari kulit rambutan bermanfaat untuk menurunkan kadar glukosa di dalam tubuh.

Membantu proses kehamilan

Selama masa kehamilan, rambutan bisa menjadi alat bantu untuk para ibu. Rasa manis pada rambutan dapat meringankan rasa pusing dan gejala mual yang biasa terjadi pada ibu hamil.

Kandungan zat besi yang ada pada rambutan juga membantu melawan kelelahan dan meningkatkan kadar hemoglobin.

Meningkatkan kesehatan tulang

Mineral lain yang terkandung pada rambutan adala fosfor. Fosfor ini membantu dalam pembentukan tulang. Selain itu, kandungan vitamin C juga dapat bermanfaat bagi kesehatan tulang.

Membantu mencegah kanker

Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, membuat rambutan berfungsi melawan peradangan dan melawan sel-sel di tubuh.

Kemudian vitamin C dalam buah rambutan juga membantu menetralisir radikal bebas yang bisa sebabkan kanker. Kulit rambutan juga dapat mengubah dan mengganggu pertumbuhan sel kanker sehingga bisa digunakan sebagai obat kanker.

Kesehatan kulit

Selain daging dan kulitnya, ternyata biji rambutan juga memiliki khasiat yang baik. Salah satunya adalah meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit. Caranya dengan menghancurkan biji rambutan dan olehskan pada kulit.

Biji rambutan ini dapat memperbaiki tekstur kulit dan menjadikannya lembut dan halus. Kandungan vitamin C dan mangan juga membantu menghidrasi kulit serta memproduksi kolagen yang membuat kulit tampak sehat dan awet muda.

Menambah energi

Rambutan mengandung karbohidrat dan protein yang memberikan dorongan energi.

Itulah beberapa manfaat dari buah tropis yang satu ini. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: