Tryout.id

Tips Memilih Laptop Baru Untuk Mahasiswa dan Pelajar Agar Tidak Salah Membeli

2 Jun 2022  |  111x | Ditulis oleh : Admin
Tips Memilih Laptop Baru Untuk Mahasiswa dan Pelajar Agar Tidak Salah Membeli

Sebagai pelajar atau mahasiswa. Kamu tentunya sudah merasakan perbedaan yang terlihat jelas ketika menginjak bangku kuliah. Dan kehidupan kuliah kamu pastinya sangat berbeda dibandingkan ketika SMA. Tugas yang akan diberikan juga tentunya tidak tanggung-tanggung. Akan banyak sekali pekerjaan yang harus kamu selesaikan.

Jika kamu ingin memiliki laptop, sebaiknya cari yang masih baru di toko laptop karena performanya tidak diragukan lagi. Tetapi tidak ada salahnya jika kamu membeli laptop bekas yang masih berkualitas dan tentunya harus di toko laptop terbaik dan terpercaya.

Nah apabila kamu seorang mahasiswa atau pelajar dan ingin mencari laptop baru, berikut ini beberapa tips yang perlu kamu ketahui agar kamu tidak salah dalam memilih dan membeli.

  • Sesuaikan Budget

Bagi kamu yang mahasiswa atau pelajar tentunya budget membeli laptop perlu menjadi bahan pertimbangan. Baudget seringkali menjadi permasalahan seorang mahasiswa pada saat ingin membeli suatu barang, misalnya laptop. Sebagai seorang mahasiswa yang smart, kamu perlu mempertimbangkan antara budget dan kebutuhan. Kamu tidak perlu mengeluarkan uang banyak jika kebutuhan kamu hanya untuk keperluan standard. Mungkin laptop harga 3 juta hingga 5 jutaan sudah cukup untuk sarana belajar.

  • Spesifikasi Sesuai Kebutuhan

Sesuaikan spesifikasi dengan kebutuhan. Pastikan spesifikasi tersebut mampu menjawab segala permasalah dalam belajar. Dan setiap mahasiswa tentunya memiliki kebutuhan yang berbeda-beda sesuai dengan jurusannya. Bagi mahasiswa desain grafis & Multimedia, mungkin spesifikasi laptop yang sesuai adalah processor Intel, RAM minimal 4 GB dan VGA NVIDIA minimal 2 GB. Dan untuk mahasiswa jurusan lainnya mungkin laptop dengan processor Intel dan RAM 2GB sudah cukup.

  • Info Harga

Lakukan survey harga di internet. Ada banyak situs yang bisa kamu jadikan acuan untuk melihat harga. Dan juga cari artikel yang mereview laptop yang kamu inginkan yang pastinya ini akan menambah wawasan kamu sehingga kamu bisa lebih yakin untuk membelinya.

  • Pilih Merk atau Brand

Setiap orang tentunya memiliki selera yang berbeda-beda. Sebaiknya kamu mencari dan memilih merk yang cukup terkenal dan umum digunakan karena biasanya memiliki kualitas yang bagus. Terlebih after sales, warrantly dan service center yang juga sama baiknya. Layanan ini akan sangat diperlukan oleh kamu ketika laptop kamu mengalami masalah.

  • Desain Laptop

Mempunyai laptop dengan desain yang keren yang dibalut dengan warna-warna yang elegan akan membuat kamu semakin bersemangat dalam menjalani aktivitas kuliah. Selain sebagai penunjang belajar, laptop ternyata bisa digunakan untuk menunjukkan style seseorang. Pilihlah desain keren yang sesuai dengan kepribadian kamu. Jika kamu memiliki jiwa gamer, kamu bisa membeli laptop bertema gaming enthusiast. Dan bagi kamu yang memiliki sifat kalem dan sederhanan, laptop dengan desain stylist sangat cocok untuk kamu.

  • Pilih Yang Ringan

Banyak orang yang melupakan berat dari laptop tersebut. Jika kamu seorang mahasiswa, sebaiknya carilah laptop yang ringan dan minimalis. Dengan berat yang minim. Kamu bisa membawa laptop kemana saja tanpa beban sama sekali. Kalau laptop berat, kamu akan merasa cepat lelah terlebih ditambah dengan buku-buku yang memenuhi tas kamu.

  •  Pilih Laptop yang Sudah Pre-Installed Windows

Jika kamu ingin membeli laptop baru, pastikan laptop sudah pre-installed windows. Laptop yang seperti ini biasanya sudah diinstal oleh vendor/distributor resminya. Dengan begitu kamu tidak perlu repot untuk install terlebih dahulu, apalagi windows ori harganya cukup mahal. Dan ini menguntungkan bagi kamu yang berstatus sebagai mahasiswa. Tapi tenang saja, mayoritas laptop keluaran terbaru sudah dilengkapi sisten pre-installed.

  • Daya Baterai

Untuk ukuran laptop baru, daya baterai tentunya masih bagus. Akan tetapi kita juga perlu mengetahui kapasitas daya baterainya. Dengan memilih baterai yang hemat daya tentunya mambuat laptop kita lebih powerfull. Dan jang lupa untuk merawat baterai laptop agar awet dan tahan lama ketika digunakan.

  • Storage

Dalam memilih laptop, media penyimpanan juga perlu kamu perhatikan sebelum kamu membeli laptop.pikirkanlah terlebih dahulu apa yang akan kamu gunakan pada laptop tersebut. Pilihlah laptop dengan harddisk storage yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Untuk ukuran mahasiswa, harddisk 320 GB sudah cukup. Tetapi lebih optimalnya lagi ada pada ukuran 500GB.

  • Laptop Bergaransi

Jika kamu memilih laptop berkualitas dan dibeli di toko terpercaya tentunya laptop tersebut memiliki garansi resmi dari pihak terkait.

  • Beli di Toko Terpercaya

Untuk membeli laptop baru, sebenarnya kamu juga bisa membelinya secara online. tetapi kamu perlu berhati-hati. Selidikilah toko online si penjual, seberapa besar reputasi toko online tersebut. Membeli laptop perlu kecermatan dan kehati-hatian. Anda perlu membeli ke penjual atau toko yang terpercaya. Setidaknya yang sudah emmiliki purna jual dan reputasi yang bagus.

Salah satu satu toko laptop atau computer yang terbaik dan terpercaya adalah Sodagar Komputer, merupakan toko yang menjual laptop, computer, printer, projector, aksesories, sparepart, hardware dan alat tulis kantor (ATK) terpercaya. Selain itu Sodagar Komputer juga menyediakan jasa service laptop untuk memenuhi kebutuhan kamu.

Sodagar Komputer juga dipercaya menjadi perwakilan Service Center beberapa laptop terkenal yang ada di Indonesia seperti Acer, ASUS, HP dan Axioo dan juga menangani service laptop brand lainnya seperti Dell, Toshiba, Samsung, Apple Macbook, Fujitsu, dll. Untuk info jelasnya silahkan mengunjungi website www.sodagarkomputer.com.

Baca Juga: