Tryout.id

Parents, Ini 7 Cara Menangani Anak yang Menyandang ADHD

17 Jul 2020  |  114x | Ditulis oleh : Admin
Parents, Ini 7 Cara Menangani Anak yang Menyandang ADHD

ADHD ialah suatu kelainan yang terjadi pada otak anak. Jika mengidap penyakit ini, maka anak-anak sulit fokus serta tidak bisa mengendalikan reaksi spontan yang ia lakukan. Sehingga menjadi seorang anak yang hiperaktif dan hal ini harus diatasi segera.

Kembalikan  Semangat Anak

Anak yang hiperaktif cenderung dianggap sebagai seorang pembuat onar, pengganggu, berisik hingga hal lainnya yang tidak enak di dengar. Maka tugas orang tua disini ialah mengembalikan semangat anak dengan cara membantu mereka menemukan kelebihan pada dirinya.

Minta Bantuan Profesional

Jika orang tua merasa sudah melakukan segala hal namun kelainan pada anak tak bisa diatasi. Langkah yang harus dilakukan ialah meminta bantuan dari para profesional. Orang yang memahami dengan baik penyakit ini tentu bisa mengatasinya.

Hindari Menuntut Anak

Orang tua tidak boleh langsung menuntut anak seperti yang diinginkan. Namun  sebelum itu harus membantu mereka agar fokus dan bisa terus belajar tanpa paksaan.

Jujur Tentang Kelainan yang Dialaminya

Jika ada anak yang bertanya tentang kondisinya maka orang tua tidak boleh membohonginya. Tetapi jelaskan dengan jujur tentang ADHD yang dideritanya. Katakan bahwa kondisi tersebut bukan karena kenakalan mereka, agar anak dapat mengontrol diri.

Berikan Penjelasan

Jangan hanya menyuruh atau memerintah anak, namun  juga berikan penjelasan yang jelas. Sehingga anak tidak bingung dan khawatir tentang kondisinya. Gunakan bahasa positif untuk menunjukkan sikap menghargainya.

Jangan Overprotektif

Ketika anak ada masalah, coba biarkan mereka mandiri untuk mengatasi masalahnya. Jangan jadi orang tua yang sangat protektif kepada anak, agar ke depannya dia bisa mandiri membuat keputusan untuk hidupnya.

Perlu Membuat Aturan dan Konsekuensi

Orang tua harus mampu membuat daftar tanggung jawab anak serta aturan apa saja yang berlaku di rumah. Jelaskan juga tentang konsekuensi yang harus ditanggung jika tidak mematuhi peraturan. Perlahan namun tegas agar anak menjadi seseorang yang lebih teratur dan mengerti apa yang harus dilakukan.

Nah, ketujuh cara ini bisa dilakukan oleh orang tua yang ingin mengatasi ADHD pada anak, Selamat menerapkan.

Berita Terkait
Baca Juga: