hijab

Cara Meningkatkan percaya Diri Bagi Anda Yang Introvert

20 Jul 2020  |  121x | Ditulis oleh : Admin
Cara Meningkatkan percaya Diri Bagi Anda Yang Introvert

Jika anda diberikan pilihan untuk memilih kepribadian mana yang akan anda pilih, ekstrovert atau introvert?

Sebagian besar tentu akan memilih ekstrovert karena orang ekstrovert selalu memiliki kemudahan ketika bertemu banyak orang dan sering didambakan sebagai orang idaman.

Namun, jika kenyataan mengharuskan anda menjadi introvert, anda tentu memiliki masalah besar dengan bertemu dengan banyak orang karena kebiasaan anda yang anti-sosial bisa membuat anda merasa takut ketika berbicara di depan banyak orang.

Sebagai hasilnya kaki bergetar, mulut tidak tahu harus bicara apa, dan tubuh anda tidak seimbang.

Memang seperti neraka, tetapi adakah cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan percaya diri?

Seperti yang para motivator katakan nothing is impossible.

Terdapat cara yang bisa membantu anda untuk meningkatkan percaya diri meskipun anda memandang public speaking seperti neraka dan mungkin saja dengan cara ini, anda nantinya akan menjadi seorang ekstrover yang percaya diri.

Berikut cara meningkatkan percaya diri bagi anda yang introvert:

1. Mulai dari yang kecil

Jika menurut anda berbicara di depan banyak orang adalah sesuatu yang di luar kemampuan, anda tidak perlu memaksakan diri. Anda bisa melatih rasa percaya diri anda dengan mengambil langkah yang kecil seperti bicara di depan satu atau dua orang kenalan anda.

Hal ini akan memberikan kepercayaan pada pikiran anda kalau anda bisa melakukan hal yang lebih besar lagi sehingga anda bisa terus berbicara ke lebih banyak orang.

2. Ketakutan adalah ilusi

Ketakutan tentu akan selalu menghantui anda, bahkan ekstrovert sejati juga sering berhadapan dengan rasa takut. Tapi perlu anda tahu bahwa ketakutan itu adalah ilusi karena kata-kata "anda tidak akan bisa" hanya anda di pikiran anda.

Pada kenyataannya, anda tidak akan tahu apa yang terjadi, bisa saja orang  yang ingin anda ajak bicara adalah introvert juga, bisa dia itu orang yang asyik diajak bicara, atau pendiam.

Ingat selalu apa yang dimaksud dengan fear/takut itu sendiri:

FEAR = False Expectation Appearing Real.

3. Anggap diri anda lebih tinggi

Menganggap diri sendiri lebih tinggi daripada orang lain memang terdengar sombong, tetapi trik ini cukup efektif karena hal ini akan mengelebui pikiran anda kalau andalah orang yang paling percaya diri dalam ruangan.

4. Berhenti minta maaf

Saran lain yang tidak beretika, tetapi perlu anda lakukan adalah berhenti minta maaf karena dengan sering meminta maaf secara tidak sadar anda merendahkan posisi anda sendiri sehingga ketika berbicara di depan orang, sifat rendah diri itu juga ikut terbawa.

Maka dari itu, jangan pernah minta maaf ketika ingin berkenalan dengan seseorang, tetapi tetap utamakan rasa hormat.

5. Tetap tersenyum

Tersenyum memang sepeleh, orang-orangpun tidak memikirkannya lagi. Namun, menjaga diri anda tetap tersenyum sangatlah penting khususnya di acara-acara yang banyak pesertanya karena jika muka anda serius, cemberut, dan marah, orang-orang akan merasa ketakutan dan mencoba untuk tidak bertatapan langsung dengan anda.

Hal ini tentu berlawanan dengan misi anda untuk menambah kenalan. Maka dari itu tetap tersenyum dan ucapkan hal-hal yang simpel dan menarik. Dengan begini, mereka akan lebih tertarik untuk ngobrol dengan anda.

6. Dengarkan orang lain

Mendengarkan orang lain tentu tidak ada hubungan dengan membuat diri anda lebih percaya diri di depan banyak orang, tetapi mendengarkan orang lain akan membuat anda terkesan lebih kuat ketika berkomunikasi atau bertanya.

Hal ini merupakan salah satu keahlian utama anda sebagai introvert, sehingga mendengarkan orang lain harusnya mudah.

Berita Terkait
Baca Juga: