RajaKomen

Tradisi dan Ritual di Boarding School Al Masoem Bandung

11 Mei 2024  |  62x | Ditulis oleh : Admin
pesantren Al Masoem

Boarding school atau sekolah asrama telah lama menjadi pilihan bagi orangtua yang menginginkan pendidikan holistik dan disiplin yang kuat bagi anak-anak mereka. Salah satu boarding school terkemuka di Bandung adalah Boarding School Al Masoem. Terletak di jantung Kota Bandung, sekolah asrama ini memiliki beragam tradisi dan ritual yang melengkapi pendidikan formal yang diberikan kepada para siswanya.

Salah satu tradisi yang menonjol di Boarding School Al Masoem Bandung adalah "Boarding di Bandung". Setiap siswa diwajibkan tinggal di asrama sekolah selama satu semester penuh. Hal ini bertujuan untuk membiasakan para siswa dengan suasana asrama, mengajarkan mereka nilai-nilai disiplin, dan memberikan kesempatan untuk meningkatkan kemandirian mereka. Proses boarding ini juga menjadi waktu yang sangat berharga bagi siswa untuk mempererat hubungan antar teman dan membangun persahabatan yang kokoh.

Selain itu, Boarding School Al Masoem juga mengadopsi tradisi pondok pesantren dalam kehidupan sehari-hari. Tradisi ini mencakup kegiatan-kegiatan seperti kajian agama, dzikir, dan kegiatan keagamaan lainnya yang menguatkan nilai-nilai keagamaan dan kebersamaan di antara para siswa. Hal ini tidak hanya membantu siswa dalam memperkuat keimanan mereka tetapi juga memberikan mereka pemahaman yang mendalam tentang nilai-nilai kehidupan dalam Islam.

Ritual rutin seperti "sholat berjamaah" dan "ceramah agama" juga sangat ditekankan di sekolah ini. Para siswa diajarkan untuk melaksanakan sholat secara berjamaah sebagai bentuk kebersamaan dalam beribadah kepada Allah. Sementara itu, ceramah agama menjadi momen penting bagi para siswa untuk mendengarkan dan memahami ajaran agama secara lebih mendalam.

Dengan adanya tradisi dan ritual ini, Boarding School Al Masoem Bandung berhasil menciptakan lingkungan pendidikan yang holistik dan berbasis nilai-nilai keagamaan. Melalui tradisi boarding di Bandung dan tradisi pondok pesantren, para siswa diajarkan untuk memiliki disiplin tinggi, kemandirian, dan keimanan yang kuat. Semua ini memberikan landasan yang kokoh bagi perkembangan pribadi dan akademis para siswa di masa depan.

Berita Terkait
Baca Juga: