Tryout.id

Menyalurkan Bantuan dan Kepedulian melalui Donasi

4 Mei 2021  |  114x | Ditulis oleh : Admin
Menyalurkan Bantuan dan Kepedulian melalui Donasi

Salah satu ciri khas yang bisa membedakan generasi sekarang dengan generasi sebelumnya ialah melalui penuntasan permasalahan. Untuk generasi sekarang, permasalahan banyak diselesaikan dengan penggunaan internet atau secara online. Bisa diambil contoh, banyak hal saat ini bisa dilakukan dengan mudah hanya menggunakan jempol saja. Penggunaan akses internet dengan gadget bisa berarti segalanya. Selain bisa mengetahui berbagai informasi, penggunaan gadget pun bisa diperuntukan bagi pemesanan alat transportasi, pemesanan atau pengiriman barang, pembayaran barang atau jasa dan masih banyak lagi. Hal-hal tersebut sejatinya merupakan bentuk atau cara manusia masa kini menyelesaikan masalahnya. Dengan tipikal atau karakteristik yang dipenuhi dengan dunia online maka generasi sekarang ini disebut sebagai generasi milenial. Selain beberapa hal diatas, banyak aksi-aksi sosial yang dilakukan melalui dunia online, salah satu yang paling mudah dan sering dilakukan ialah dalam bentuk donasi. Donasi yang berakar dari kepedulian ini bisa berupa donasi online untuk pendidikan, donasi kesehatan atau donasi untuk korban yang di wiliyahnya terkena bencana.

Donasi dalam bentuk online ini sangat baik untuk kemudahan atau transparansi dari donasi itu sendiri. Selain bencana, banyak warga net yang berbondong-bondong peduli akan nasib sesamanya yang kurang beruntung dalam hal pendidikan misalnya. Dengan banyaknya wilayah yang kurang terakses pendidikan secara menyeluruh oleh pemerintah, memerlukan partisipasi sekaligus kepedulian warga net dalam penuntasan permasalahannya. Donasi melalui UNICEF misalnya, mampu memberikan mengumpulkan sekaligus menyalurkan partisipasi dari kepedulian warga net. Dengan transparansi yang bisa dilihat di websitenya, kepedulian warga net bisa terakomodir dengan baik. Berikut adalah cara mudah melakukan donasi melalui UNICEF Indonesia:

a. Kunjungi website UNICEF Indonesia bisa melalui search engine atau langsung menuju alamat website: http://www.supportunicefindonesia.org
b. Klik tombol “Donasi Sekarang”
c. Pilih jenis donasi yang diinginkan. Ada 2 pilihan donasi, yaitu:

  1. Donasi Rutin: donasi yang dilakukan rutin oleh donatur, yang akan di debit dari rekening kartu kredit setiap bulan sesuai nominal yang diinginkan
  2. Donasi Satu Kali: donasi yang dilakukan donatur hanya satu kali dengan jumlah tertentu yang diinginkan.

d. Setelah menentukan jenis donasi, donatur  tinggal menentukan jumlah donasi yang diinginkan. Untuk donasi rutin, minimal nilai yang bisa di pilih adalah Rp. 100.000. Sedangkan untuk donasi sekali, nilai minimum yang bisa di pilih adalah Rp. 250.000.
e. Donatur akan diminta untuk mengisi data yang di perlukan seperti nama lengkap, email dan nomor handphone.
f. Kemudian donatur akan diarahkan ke halaman pembayaran. Jenis pembayaran untuk donasi rutin adalah dengan menggunakan kartu kredit. Sedangkan untuk donasi sekali ada lebih banyak pilihan pembayaran, bisa menggunakan kartu kredit, transfer bank, internet banking maupun melalui mini market seperti Alfamart, Indomaret, Lawson dll.
g. Setelah menentukan jenis pembayaran dan selesai melakukan pembayaran, donatur akan mendapatkan notifikasi mengenai donasi yang sudah berhasil dilakukan.

Mudah bukan? Perubahan jaman telah mengantar orang-orang pada jaman milenial. Dimana, banyak persoalan bisa diselesaikan secara online, salah satunya ialah permasalahan sosial yang bisa diselesaikan dengan donasi secara online melalui situs donasi online yang dikelola oleh UNICEF Indonesia.

Baca Juga: