RajaKomen

5 Tips Mudah Atasi Naiknya Asam Lambung

29 Nov 2020  |  235x | Ditulis oleh : Admin
5 Tips Mudah Atasi Naiknya Asam Lambung

Aghil - Saat asam lambung naik, tentu tubuh akan terasa tidak enak. Segala aktivitas akan terganggu. Asam lambung ini bisa terjadi karena beberapa sebab.

Oleh karena itu, jika lambung kamu sensitif perlu memahami apa saja pantangan yang tak boleh kamu lakukan. Hal ini untuk mencegah kambuhnya asam lambung.

Melansir dari laman Tribunnews, berikut 5 tips mudah atasi asam lambung.

1. Jangan makan berlebihan

Diujung bawah kerongkongan, ada sebuah otot bernama esophageal sphincter. Otot ini berfungsi sebagai katup untuk mencegah makanan atau asam lambung naik hingga kerongkongan.

Jika terjadi terlalu banyak tekanan, maka fungsi dari katup ini akan terganggu. Oleh karena itu, bagi penderita maag disarankan untuk makan secukupnya dan tidak berlebihan. Untuk menghindari asam lambung yang naik hingga kerongkongan.

2. Kurangi berat badan

Pada orang dengan berat badan berlebih, otot diafragma mereka mendapatkan lebih banyak tekanan. Hal ini menyebabkan otot esophageal sphincter naik, yang biasa disebut dengan istilah hiatus hernia.

Mengurangi berat badan atau lemak dapat membantu meredakan masalah asam lambung.

3. Batasi konsumsi kopi

Kopi dapat memicu naiknya asam lambung. Oleh karena itu, jika lambung kamu sensitif ada baiknya untuk mengurangi kebiasaan minum kopi.

Meskipun hal ini masih dalam perdebatan, namun kopi sudah terbukti mampu meningkatkan durasi terjadinya asam lambung.

4. Mengunyah permen karet

Dengan mengunyah permen karet, maka tingkat asam pada kerongkongan dapat dikurangi. Terlebih, apabila permen karet yang dikonsumsi adalah permen karet yang mengandung bicarbonate.

Saat kita mengunyah permen karet, maka produksi air liur akan meningkat. Air liur inilah yang membantu mengencerkan asam di kerongkongan.

5. Kurangi konsumsi bawang mentah

Banyak studi membuktikan, bahwa mengunyah bawang mentah dapat menimbulkan gas di perut. Selain itu, bawang juga dapat membuat kerongkongan teriritasi.

Oleh karena itu, jika kamu terbiasa mengkonsumsi bawang mentah, sebaiknya kurangi bahkan hindari.

Baca Juga: