rajabacklink

5 Cara Alami Mengobati Diabetes Yang Mudah Dilakukan

10 Sep 2020  |  110x | Ditulis oleh : Admin
5 Cara Alami Mengobati Diabetes Yang Mudah Dilakukan

Ternyata ada cara alami mengobati diabetes yang sangat mudah dilakukan. Memang penyakit yang dapat menyerang siapa saja tanpa pandang bulu ini dikenal sudah memakan korban cukup banyak. Meski yang berpotensi besar mengalaminya adalah orang lanjut usia, bukan berarti anak muda tidak mungkin akan mengalaminya. 

Bahkan penderita diabetes di Indonesia cenderung mengalami peningkatan dari tahun ke tahunnya dengan rentang usia yang cukup luas yaitu mulai dari usia 20 hingga 79 tahun. Meski diabetes menjadi salah satu penyakit yang tidak dapat disembuhkan, tetapi orang yang mengidapnya masih tetap bisa melakukan berbagai aktivitas dengan cara mengendalikan kadar gula didalam tubuh. 

Salah satu cara yang bisa mereka lakukan adalah mengobatinya secara alami. Berikut dibawah ini 5 cara alami mengobati diabetes yang mudah dilakukan diantaranya yaitu : 

1. Olahraga Secara Teratur

Dengan melakukan olahraga maka akan dapat membantu mengontrol berat badan supaya tetap ideal, insulin dapat lebih mudah menurunkan gula darah, membantu jantung dan paru paru supaya bekerja lebih baik, dan dapat memberikan lebih banyak energi. 

Kamu tidak perlu melakukan olahraga yang berat. Cukup dengan berjalan kaki mengelilingi kompleks, berenang, bersepeda di sekitar rumah, yoga, bahkan membersihkan rumah juga bisa dikatakan sebagai olahraga. Setidaknya kamu harus bisa melawan rasa malas dan membuat dirimu selalu bergerak secara aktif. 

2. Mengkonsumsi Makanan Sehat 

Makanan yang kamu konsumsi sebenarnya tidak jauh berbeda dengan makanan orang orang yang tidak memiliki diabetes. Hanya saja sebagai penderita diabetes, kamu harus menjaga dengan ketat pola makan. 

Jenis makanana yang harus kamu konsumsi merupakan makanan yang kaya akan vitamin, bergizi, rendah lemak, serta kalori, sehingga hal tersebut dapat membantu dalam mengontrol kadar gula darah. 

3. Melakukan Diet

Dengan melakukan diet maka tubuh diharapkan dapat membakar lemak serta menggunakan hasilnya yaitu badan keton sebagai sumber energi. Proses peralihan sumber energi mulai dari glukosa hingga menjadi badan keton umumnya membutuhkan waktu kurang lebih 2 hingga 4 hari setelah mengkonsumsi diet rendah karbohidrat. Pada tahap ini kamu direkomendasikan hanya mengkonsumsi karbohidrat 30 gram saja per hari. Selain itu juga kamu harus menghindari makanan yang mengandung gula tinggi, soda manis, aneka makanan gorengan, dan alkohol.  

4. Diet Puasa

Puasanya biasanya seringkali dilakukan oleh umat muslim untuk beribadah, terlebih saat memasuki bulan Ramadhan. Tetapi ternyata puasa juga dapat dijadikan sebagai salah satu cara alam mengobati diabetes. Tetapi yang dimaksud puasa dalam hal ini memiliki tujuan yang berbeda dari puasa pada umumnya atau sering disebut dengan diet puasa. 

Kamu bisa merubah metode puasa yaitu dengan membagi 16 jam waktu untuk puasa, dan 8 jam waktu untuk mengkonsumsi makanan. Misalnya mulai dari jam 1 siang hingga jam 9 malam, kamu boleh saja makan lalu dilanjutkan dengan berpuasa selama 16 jam kedepan. Secara tidak langsung, cara ini dapat membantu mengontrol kadar gula dalam tubuh. 

5. Mengurangi Stress 

Mengurangi stress juga ternyata dapat mengobati diabetes secara alami yang bisa dibilang cukup ampuh. Cobalah cari berbagai aktivitas yang sekiranya tidak mengharuskan otak kamu berpikir sekaligus dapat memberikan dirimu ketenangan. Beberapa tips yang dapat dilakukan seperti merencanakan liburan secara berkala, menjadwalkan sederet aktivitas yang akan membuatmu senang, tidak panik saat menghadapi masalah dan sebaliknya. 

Cobalah minta saran pada orang orang terdekat untuk mencari akar masalah serta menemukan solusinya, dan selalu menjadikan keluarga sebagai prioritas utama. 

Baca Juga: