rajaview

5 Cara Alami Dan Cepat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

14 Okt 2020  |  20x | Ditulis oleh : Admin
5 Cara Alami Dan Cepat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kondisi dimana meningkatnya tekanan darah pada dinding arteri adalah darah tinggi. Lalu bagaimana caranya supaya bisa turun atau normal kembali? Terjadinya darah tinggi atau yang dikenal dengan hipertensi adalah karena gaya hidup atau genetika. Jika tidak segera ditangani dengan tepat maka dapat memicu meningkatnya risiko penyakit serangan jantung dan stroke. 

Untuk menurukan tekanan darah tinggi ini ada beberapa cara alami dan cepat yang bisa dilakukan di rumah. Berikut dibawah ini 5 cara alami dan cepat menurunkan tekanan darah tinggi diantaranya yaitu : 

  • Menjaga Berat Badan

Salah satu faktor yang memicu tekanan darah tinggi adalah berat badan. Dengan menjaga badan yang sehat dan sesuai tipe tubuh maka akan dapat membantu menjaga tekanan darah. Kamu wajib memperhatikan saat memiliki perut buncit dan lingkar pinggang yang berlebih. Orang yang tidak bisa menjaga berat badannya beresiko lebih tinggi terkena tekanan darah tinggi. 

  • Mengkonsumsi Bawang Putih

Sejak dari dulu bawang putih telah digunakan sebagai obat herbal yang populer. Salah satu khasiat yang ditawarkan bawang putih adalah dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi serta kolesterol secara alami. Bawang putih dapat dikonsumsi secara rutin setiap hari dengan cara merebusnya. Tetapi merebusnya jangan terlalu lama karena dapat menghancurkan kandungan yang ada didalamnya. Setelah itu blender bawang putih hingga kental. Kamu dapat mencampurkan bawang putih halus tersebut pada makanan yang akan dikonsumsi. Atau dapat membelinya dalam bentuk bubuk dan tablet. 

  • Memperhatikan Pola Makan

Salah satu cara paling mudah untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah dengan memperhatikan pola makan. Memilih menu makanan memang menjadi salah hal penting dalam menjaga kesehatan. Sangat disarankan bagi ibu hamil untuk menjaga pola makannya saat memiliki masalah dengan tekanan darah tinggi. Sebaiknya ibu hamil memilih asupan yang kaya asam lemak esensial, kalsium, magnesium, serta vitamin D. 

Makanan yang baik dikonsumsi seperti pisang, stroberi, sayuran hijau, yoghurt, kentang, oatmeal, dan ikan. 

  • Berolahraga

Dengan melakukan olahraga secara teratur setidaknya 30 menit per hari maka akan dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Jenis olahraga yang dapat dilakukan seperti jogging, bersepeda, dan berenang. 

Selain itu dengan berjalan dan melakukan tugas tugas rumah juga secara perlahan dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Berolahraga secara rutin dapat membantu meningkatkan sirkulasi, meningkatkan kapasitas paru paru, serta meningkatkan efisiensi jantung, dimana hal ini sangat baik untuk mengurangi tekanan darah tinggi. 

  • Membatasi Asupan Garam

Terjadinya tekanan darah tinggi pada kebanyakan orang dikarenakan terlalu berlebihan mengkonsumsi garam. Sehingga dengan membatasi asupan garam maka ini akan menjadi cara paling mudah menurunkan tekanan darah tinggi. Batas konsumsi garam yang direkomendasikan adalah 1 sendok teh per hari. 

Sebisa mungkin wajib mengurangi jajanan luar karena jumlah garam yang terkandung didalamnya tidak dapat diketahui. Dengan memasak makanan sendiri maka dapat diketahuinya jumlah garam yang sudah dikonsumsi setiap harinya. 

Selain itu masih ada cara alami dan cepat lainnya untuk menurunkan tekanan darah tinggi yaitu dengan beraktivitas di luar ruangan. Dengan melakukan aktivitas diluar yang terkena sinar matahari maka akan dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi secara cepat. Kulit yang terkena sinar matahari akan menyebabkan melebarnya pembuluh darah dan menurunnya tekanan darah. 

Baca Juga: