hijab

3+ Tips Menikmati Kopi Tanpa Harus Menggunakan Gula

29 Nov 2020  |  257x | Ditulis oleh : Admin
3+ Tips Menikmati Kopi Tanpa Harus Menggunakan Gula

Aghil - Bagi sebagian besar orang, minum kopi sudah menjadi sebuah rutinitas harian. Rasanya ada 'sesuatu' yang hilang jika tak mengkonsumsi kopi.

Kebanyakan orang, menikmati kopi dengan menambahkan gula agar terasa manis. Jika kamu salah satunya, maka kamu perlu berhati-hati.

Pasalnya, gula ini dapat meningkatkan kadar glukosa dalam darah. Selain itu, gula yang berlebih dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Hal ini dikemukakan oleh American Heart Association.

Menurut penelitian dari Klinik Cleveland, bahwa penikmat kopi ternyata dapat berisiko terkena penyakit jantung, penyakit pernapasan, kanker, stroke, diabetes, dan penyakit ginjal jika terlalu sering ditambahkan dengan sesendok atau lebih gula.

Oleh karena itu, sebaiknya mulai kurangi dan hindari menggunakan gula dalam kopi,ya.

Karena masih ada beberapa cara alternatif bagaimana menikmati kopi meskipun tanpa menggunakan gula. Melansir dari laman Prevention, berikut beberapa diantaranya.

Kayu manis

Cara pertama adalah dengan menambahkan kayu manis pada kopi yang kamu seduh. Kamu dapat mencampurkan satu sendok teh kayu manis kedalam segelas kopi. Kayu manis ini untuk mengalihkan rasa pahit yang berasal dari kopi.

Selain dengan dicampurkan saat diseduh, kamu juga dapat meletakkan batang kayu manis kedalam sebuah toples kopi. Hal ini dapat menambahkan rasa pada kopi yang kamu simpan.

Bukan hanya sekedar rasa, namun kayu manis juga dapat bermanfaat saat dicampurkan dengan kopi. Menurut sebuah studi dari Pusat Penelitian Nutrisi Manusia, kayu manis bukan hanya meningkatkan kualitas kopi saja.

Dengan mencampurkan setengah sendok teh kayu manis pada kopi, maka hal ini dapat meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin.

Hal ini tentu baik, mengingat gula bekerja sebaliknya, yakni menyebabkan resistensi insulin.

Bubuk kakao

Cara kedua adalah dengan menambahkan bubuk kakao kedalam kopi. Kandungan flavonoid pada cokelat dapat membantu menangkal kerusakan lingkungan pada sel. Selain itu juga meningkatkan aliran darah ke otak dan jantung.

Selain karena manfaatnya, menambahkan kakao juga membuat kopi menjadi lebih nikmat. Sensasi rasa cokelat murni pada kopi menjadi suatu hal yang baru.

Ekstrak vanila

Cara ketiga adalah dengan menambahkan ekstrak vanila kedalam secangkir kopi. Tambahan vanilla ini sudah tak asing pada racikan kopi, salah satunya adalah menu vanilla latte.

Jika kamu adalah penggemar vanilla latte, kamu dapat mencoba dengan menambahkan beberapa tetes ekstrak vanilla kedalam kopi.

Satu porsi sirup vanila memiliki 80 kalori dan 20g gula, sementara ekstrak vanili mengandung 0 kalori dan 0 gula. Mulailah menambahkannya dengan satu tetes, karena sedikit saja sudah cukup menambah rasa manis dalam secangkir kopi.

Baca Juga: