Tryout.id

Fakta Menarik Tentang Planet Mars

7 Sep 2020  |  97x | Ditulis oleh : Admin
Fakta Menarik Tentang Planet Mars

Apa yang kamu ketahui tentang Mars? Planet ini termasuk planet yang dekat dengan bumi, Mars memang menarik perhatian manusia sejak dulu. Ia menjadi bahan perbincangan ilmuwan dan astronom. Saat ini planet merah, julukan Mars digadang-gadang menjadi tempat tinggal manusia kedua.

Berikut ini beberapa fakta-fakta baru dari beberapa referensi yang jarang diketahui tentang planet mars, antara lain.

  • Sunset di Mars

Sunset banyak ditunggu-tunggu oleh anak muda yang bersama pasangannya. Tetapi apa yang membuat sunset di Mars dan Bumi beda? Kalau sunset di Bumi warnanya jingga, sedangkan sunset di planet Mars malah berwarna biru. Hal itu karena jarak antara Mars dan Matahari jaraknya jauh dan mengurangi intensitas cahaya matahari.

  • Gunung tertinggi di tata surya berada di planet mars

Ternyata gunung ini pernah ada dalam sejarah tata surya. Gunung di planet Mars yang terkenal yakni Olympus Mons. Tingginya luar biasa yakni 24 km di atas dataran halus planet Mars, dan lebih tinggi dari Everest. Ditemukan pada 1971.

  • Mars mengilhami imajinasi ilmu astronomi selama berabad-abad

Melansir laman Amazine, astronom Italia, Giovanni Schiaparelli pada 1877 membuat catatan yang disebut canali atau saluran. Hal ini malah disalah artikan jadi kanal, dan malah ada spekulasi ada kehidupan makhluk cerdas. Selain itu pada 1939, perusahaan teater radio Orson Welles melakukan pertunjukan melalui buku HG Wells yang judulnya War of the Worlds. Hal itu menimbulkan kepanikan padahal semua hanya sandiwara.

  • Badai Debu Merah

Karena adanya debu merah di planet ini, yang sebagian besar kandungannya adalah  besi. Mars kadang-kadang terlihat mengeluarkan badai debu ketika angin bertiup. Badai debu ini bisa sangat besar dan dapat menutupi seluruh permukaan planet. Menariknya, badai debu ini kadang-kadang terlihat oleh teleskop dari Bumi. 

Ingin tahu seberapa cepat angin di badai ini bergerak?

Perhatikan bahwa 200 kilometer jam adalah kecepatan tertinggi angin yang bertiup dari beberapa badai yang ada di Mars. Selain itu, karena tekanan atmosfer yang lebih sedikit di Mars daripada Bumi, segala aktivitas yang berada di sekitar badai akan meledak tetapi intensitasnya tidak sebanyak di bumi.

  • Fakta lainnya bahwa planet mars  telah dikunjungi oleh beberapa pesawat ruang angkasa

Pada 2004, ada wahana yang mendarat di Mars dan berhasil mengirim data juga gambar Mars. Pada 2008, Phoenix Lander mendarat dekat kutub utara Mars serta memberi data sebagai jawaban tentang Mars. Semua itu tentunya menambah wawasan kita tentang seperti apa Mars.

  • Fakta keren - Lebih 100.000 orang mendaftar untuk perjalanan ke Mars , Mauuu ngapain ?

Pada 2022, ada projek namanya Mars One yang bertujuan untuk mengkolonisasi planet Mars. Lebih dari 100 ribu orang mendaftar dan ingin menetap di planet Mars. Bahkan beberapa kapsul sudah disiapkan dan dilengkapi dengan makanan dan panel surya. Tapi proyek itu hanya hoax dan hipotesis saja, mungkin kita bisa lihat di tahun 2022 nanti

  • Fakta tentang Dekolonisasi Manusia ke planet mars.

Dalam upaya untuk menemukan kemungkinan kehidupan di Mars, para ilmuwan biasanya tertarik untuk menemukan bukti air dan kehidupan organik – serta senyawa kimia Untuk mengawali pembangun kehidupan. Mars sendiri memiliki sistem udara, air, es, dan geologi; dengan kata lain, ia memiliki atmosfer, hidrosfer, kriosfer, dan litosfer. Ia memiliki ekosistem yang penting dan mirip seperti ciri Bumi kita.

Medan magnet Mars sendiri mati sekitar empat miliar tahun yang lalu. Dan yang mengejutkan, para ilmuwan percaya bahwa ladang itu bisa aktif lagi suatu hari nanti. Dan yang lebih menakjubkan, bahwa ilmuwan telah mencoba menumbuhkan tanaman di tanah yang meniru kualitas tanah di Mars.

Mereka telah berhasil dalam upaya percobaan menanam tomat, kacang polong, dan gandum hitam dari tanah tersebut. Sekarang, penelitian ini akan membantu mereka yang ingin menghabiskan waktu di Planet Merah.

Pada tahun 2016, para ilmuwan dengan bantuan penjelajah Curiosity telah menemukan mineral yang disebut “tridymite” di Mars. Penemuan ini ditujukan untuk memperoleh asumsi yang benar berdasarkan sejarah planet ini.

Demikianlah Fakta fakta menarik dari planet mars.. apakah kamu kamu ingin tinggal disana dan menjadi penduduk mars ? 

Baca Juga: