rajaview

Ternyata Meminum Kopi Bisa Membantu Mengobati Susah Buang Air Besar

12 Agu 2020  |  165x | Ditulis oleh : Admin
Ternyata Meminum Kopi Bisa Membantu Mengobati Susah Buang Air Besar

Sembelit atau susah buang air besar merupakan salah satu penyakit yang disebabkan kurangnya asupan serat dan vitamin atau seringnya menahan saat ingin buang air besar. Normalnya buang air besar harus dilakukan secara rutin setiap harinya, jika tidak lancar 2 sampai 3 hari maka di usahakan harus cepat diatasi sebelum terlambat.

Lalu ketika sembelit sudah terlanjur menyerang, apakah yang harus dilakukan?

Sebenarnya banyak cara untuk mengatasi masalah sembelit ini, salah satunya yaitu dengan meminum obat pencahar.

Cara lainnya adalah dengan mencukupi asupan serat dengan memakan buah-buahan dan sering minum air putih, biasakan hidup sehat dengan berolahraga dan tidur yang cukup. Hindari juga mengonsumsi fast food, minuman bersoda, minuman beralkohol karena bisa memperburuk kesehatan pencernaan atau kesehatan secara keseluruhan.

Meminum kopi pun dipercaya bisa mengatasi masalah susah buang air besar ini, karena kopi bisa menginduksi respon gastrocolonic pada beberapa orang setetelah meminumnya. Ketika indikasi ini terjadi, maka tidak jarang setelah beberapa menit kemudian akan membuat perut terasa mulas dan masalah sembelit pun bisa teratasi.

Tetapi memang mulas ini juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan, terutama bisa menganggu fungsi usus besar dalam tubuh. Dan tidak jarang sebagian orang akan merasa mual dan pusing karena gangguan pada usus besar tersebut.

Semuanya kembali lagi kepada pilihan masing-masing, jika memang sudah terbiasa dengan kopi maka tidak ada salahnya mencoba mengatasi sembelit tersebut dengan minum kopi. Karena memang kondisi ketahanan dan kesehatan setiap orang memang berbeda.

Dan meminum kopi juga tidak semuanya memberikan efek buruk bagi tubuh, minuman berkafein ini juga mengandung antioksidan dan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Bahkan bisa menurunkan berat badan, meningkatkan fungsi otak, menurunkan resiko diabetes dan mencegah penyakit parkinson.

Namun jika masalah sembelit ini sudah semakin parah dan tidak bisa diobati dengan cara-cara diatas, maka dianjurkan agar memeriksakannya ke dokter atau rumah sakit terdekat.

 

Berita Terkait
Baca Juga: