hijab

Inilah 7 Makanan Yang Mampu Mencegah Kanker

10 Agu 2020  |  113x | Ditulis oleh : Admin
Inilah 7 Makanan Yang Mampu Mencegah Kanker

Usaha untuk dapat menjauhkan diri dari bahaya penyakit kanker sebenarnya dapat dilakukan dengan cara menerapkan pola hidup sehat, dari pilihan menu-menu makanan sehari-hari, rutin berolahraga, menjauhi rokok dan minuman beralkohol. Karena apabila pola hidup kita tidak sehat tentunya akan memicu terkena bermacam penyakit berbahaya.

Untuk menunjang pola hidup sehat, berikut ini beberapa makanan yang dapat dikonsumsi sehari-hari dan dipercaya mampu mencegah kanker karena mengandung zat-zat yang memang mampu dalam melawan kanker tersebut.

  • Bawang Putih

Untuk mencegah dan mengobati kanker, campuran bawang putih sangat berkhasiat. Kandungan yang paling dominan dalam melawan kanker adalah komponen allyl sulfur. Zat tersebut dapat mencegah pembentukan dan pengaktifan nitrosamin didalam tubuh, dan juga menghambat karsinogen yaitu aflatoxin, azoxymethane, dan benzo pyrene. Diallyl sulfide yang mengandung sulfur bawang putih menunjukkan aktivitas menghambat terhadap pertumbuhan beberapa sel kanker dan dapat juga mencegah mutasi gen, memperbaiki struktur DNA yang rusak, dan merangsang sel kanker untuk bunuh diri (apoptosis).

  • Wortel

Kandungan betakarotin yang terdapat pada wortel merupakan antioksidan yang sangat kuat. Ini bermanfaat sangat khusus dalam menjaga sistem imun dan kesehatan bagian-bagian tubuh tertentu seperti mata, perut, prostat serta mampu mencegah potensi bahaya kanker paru-paru.

  • Tomat

Buah tomat merupakan makanan yang kaya akan antioksidan-lycopene yang dapat berfungsi untuk memproteksi tubuh dari ancaman berbagai sel kanker. Tomat juga mengandung vitamin C yang membantu memperkuat sistem imun tubuh agar berfungsi tetap baik.

  • Blueberry

Blueberry merupakan salah satu jenis makanan buah yang memiliki kandungan antioksidan tertinggi bermanfaat dalam menjaga sel-sel tubuh agar tetap sehat dan penuh dengan oksigen.

  • Brokoli

Brokoli mengandung enzim glucoraphanin yang mampu dan bermanfaat dalam melindungi tubuh dari bahaya kanker usus besar.

  • Olahan Susu

Beberapa olahan susu dapat mengurangi kemungkinan seseorang mengidap kanker usus besar. Hal ini terutama diperoleh dari olahan susu fermentasi karena tinggi asam lemak yang baik bagi tubuh, vitamin dan linoleic acid.

  • Teh dan Kopi

Kandungan dalam teh dan kopi juga dapat mencegah terjadinya kanker. Kandungan antioksidan dan phytpchemical di dalamnya dapat menangkal radikal bebas.

Dan yang perlu diingat, bahwa tidak ada satu jenis makanan tertentu yang benar-benar menjadi makanan pencegah kanker. Harus ada keseimbangan disetiap menu yang Anda konsumsi. Mulai dari sayur, buah-buahan, lemak sehat, ikan segar dan bahan lainnya menjadi bagian dari pola makan yang dapat mencegah kanker. Dengan menjalani pola hidup sehat dan memastikan tubuh hanya mengonsumsi yang benar-benar bermanfaat bagi tubuh adalah kunci mencegah kanker. Daripada harus mencari cara untuk mengatasi kanker, lebih baik mencegah dengan makanan sehat.

Berita Terkait
Baca Juga: