rajaview

Sering Merasa Sulit Tidur, Coba Hindari Beberapa Hal Berikut

30 Nov 2020  |  34x | Ditulis oleh : Admin
Sering Merasa Sulit Tidur, Coba Hindari Beberapa Hal Berikut

Aghil - Setiap orang tentu menginginkan tidurnya berkualitas. Namun, tak semua orang dapat merasakan hal ini. Sebagian orang diantara kita merasakan sulit untuk tidur bahkan hingga menderita insomnia.

Tentu hal ini perlu dihindari, mengingat insomnia ini memiliki dampak negatif pada kesehatan. Sebut saja darah tinggi, stroke, obesitas, dan diabetes.

Selain itu, masalah tidur ini dapat menyebabkan kesehatan mental terganggu. Misalnya dapat terjadi gangguan imun, kecemasan, depresi, gangguan bipolar, dan gangguan pemusatan perhatian.

Sebelum kejadian, ketahui terlebih dahulu penyebab dari sulit tidur ini. Berikut selengkapnya.

1. Kopi dan Alkohol

Seperti diketahui, kopi mengandung kafein yang dapat menyebabkan kegelisahan, kram perut, sering buang air kecil, dan detak jantung meningkat. Sehingga wajar, apabila kopi ini dikonsumsi di malam hari membuat kamu sulit untuk tidur.

Waktu terakhir yang disarankan oleh pakar kesehatan untuk mengkonsumsi kopi adalah di sore hari. Setelahnya, sebaiknya hindari.

2. Screen Time

Kebanyakan dari kita masih menyentuh gawainya saat dirinya akan tidur. Sebenarnya hal ini tak baik untuk kualitas tidur kita. Karena sinar dari gawai ini membuat otak berpikir bahwa waktu masih berada di siang hari. Sehingga menyebabkan rasa kantuk tertunda.

3. Suhu tubuh

Ternyata, suhu tubuh sangat berpengaruh untuk kualitas tidur kita di malam hari.

"Suhu tubuh terlalu hangat di malam hari membuat sulit untuk menyelesaikan tidur rapid eye movement (REM)," ujar Maria.

Rapid Eye Movement (REM) adalah kondisi tidur dengan gerakan mata cepat, di mana tidur memasuki fase bermimpi.

Sehingga disarankan untuk tidur di kondisi gelap dan bersuhu ruangan rendah atau dingin.

4. Aktivitas fisik

Aktivitas fisik sebelum tidur juga dapat menyebabkan kesulitan saat hendak tidur. Oleh karena itu, penting untuk tidak melakukan aktivitas fisik, misalnya berolahraga satu jam sebelum tidur. Karena hal ini akan mengganggu kualitas tidur kamu.

Sesuaikanlah waktu olahraga ini dengan waktu tidur kamu.

5. Pikiran

Untuk tidur lebih cepat, kamu dapat membantunya dengan membaca atau mendengarkan musik yang menenangkan. Dengan begitu, pikiran akan rileks sehingga mudah mengantuk dan tidur.

Baca Juga: