Latar Belakang

Keberadaan SMK Salafiyah di Desa Kajen yang berada di sebuah lingkungan kawasan salah satu pusat pendidikan pondok pesantren di Kabupaten Pati bahkan di Indonesia tentu saja akan membawa dampak pengaruh terhadap pengelolaan pendidikan di pondok pesantren itu sendiri. Setidaknya akan tumbuh pemahaman baru, bahwa disamping pentingnya mendidik mental, akhlaq, dan ilmu agama serta ilmu pengetahuan umum, maka pendidikan dengan keahlian/ketrampilan tertentu yang teruji adalah merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam mempersiapkan dan membekali peserta didik (santri) untuk lebih siap pada saat kelak terjun di masyarakat nanti.

Oleh sebab itu keberadaan SMK Salafiyah di wilayah pondok pesantren ini sungguh sangat strategis, mengingat didalam perkembangan pembangunan di Indonesia ini bahwa salah satu problem yang dihadapi adalah masih minimnya sumber daya manusia di usia produktif yang memiliki skill/keahlian tertentu yang siap menjadi tenaga kerja terampil sesuai bidang keahliannya baik sebagai tenaga di perusahaan maupun untuk modal berusaha mandiri, apalagi ditambah dengan memiliki mental agama yang cukup kuat sebagai upaya pencegahan terhadap prilaku yang tidak baik saat kelak tinggal di tengah-tengah masyarakat.

Sejak didirikan pada tahun 2009-2015, SMK Salafiyah Pati sudah meluluskan 264 siswa dengan rincian 210 untuk siswa Kejuruan TKJ dan 54 untuk siswa Kejuruan Tata Busana. Dalam rangka untuk tetap menjaga tali silaturrahmi dengan semua alumni SMK Salafiyah Pati maka dibentuklah sebuah organisasi alumni yang diberi nama “KABISAT” kependekan dari “Keluarga Besar Alumni SMK Salafiyah Pati”.

KABISAT dibuat dengan tujuan sebagai wadah pengabdian alumni terhadap SMK Salafiyah Pati dan juga sebagai fasilitator bagi alumni untuk saling berkomunikasi dan bertukar informasi mengenai informasi-informasi yang berkaitan dengan dunia kerja dan perkuliahan. KABISAT ini merupakan lembaga independen yang nantinya akan bekerja sama dengan pihak sekolah SMK Salafiyah Pati dalam rangka peningkatan kualitas alumni maupun membantu adik-adik yang baru lulus dalam mendapatkan informasi tentang dunia kerja dan dunia perkuliahan.

Sebagai salah satu upaya nyata yang dilakukan KABISAT untuk mewujudkan Visi Misinya adalah dengan membentuk tim untuk membuat database seluruh alumni SMK Salafiyah Pati yang sudah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia dan mendalami keilmuan di berbagai Perguruan Tinggi dengan latar disiplin ilmu yang berbeda pula, dengan terbentuknya database tersebut nantinya akan mempermudah KABISAT dalam membantu memberikan informasi kepada alumni terkait dunia kerja dan perkuliahan.

Selain hal tersebut KABISAT juga telah membuat website dan akun-akun media sosial resmi milik KABISAT, dengan demikian bisa tetap menjalin komunikasi dan informasi kepada semua Alumni kapanpun dan dimanapun mereka berada tanpa terbatas oleh ruang dan waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *