Arti Nama, Warna dan Logo

ARTI NAMA

KABISAT erupakan kependekan dari “Keluarga Besar Alumni SMK Salafiyah Pati”, maknanya adalah tahun KABISAT selalu memiliki angka genap, artinya alumni kita haru genap, tidak berkurang ataupun hilang. Tahun KABISAT selalu habis jika dibagi empat, empat ini melambangkan sifat wajib Rasul, yakni Shidiq, Amanah, Tabligh, dan Fathonah, artinya kita harus mampu menerapkan sifat wajib tersebut kedalam kepribadian kita dan menjadi pribadi yang berkarakter religius.

 

ARTI FONT

Fonarto : Jenis font ini memiliki bentuk yang sederhana dan dinamis namun mampu memberikan nilai ketegasan, dengan begitu diharapkan semua alumni dan organisasi ini mampu mengikuti perkembangan zaman tanpa melupakan nilai kearifan budaya lokal.

 

ARTI WARNA

  • Merah : Melambangkan semangat juang dalam merealisasikan cita-cita Keluarga Besar Alumni yang telah tertuang dalam Visi & Misi organisasi, serta representasi keberanian dalam mengambil setiap resiko dan tantangan yang di alami oleh Keluarga Besar Alumni SMK Salafiyah. Warna Merah ini juga mencerminkan keteguhan Alumni dalam memegang prinsip dan ideologi hidupnya.
  • Biru : Melambangkan keprofesionalitasan dan kredibillitas organisasi dalam keikutsertaannya membangun dan mengabdi kepada SMK Salafiyah Kajen dan memberikan sumbangsih pikiran dan tenaga dalam peningkatan kualitas dan mutu dari SMK Salafiyah, dan komitmen yang tinggi untuk menjalin kerjasama dengan pihak sekolah dalam berbagai aspek kehidupan dalam rangka mewujudkan cita-cita bersama.
  • Hitam : Mencerminkan Ketangguhan Keluarga Besar Alumni dalam menjawab setiap tantangan yang dialami, dan sikap netral yang tidak membeda-bedakan antar Alumni. Menyimpan sebuah harapan dan do’a agar organisasi Keluarga Besar Alumni SMK Salafiyah bisa langgeng.
  • Kuning : Warna kuning sebagai simbol kehormatan, kemuliaan, kesetiaan dan pengabdian. Menyiratkan kebesaran cita-cita dan keluhuran budi pekerti alumni. Diharapkan organisasi ini mampu membantu pihak sekolah dan Keluarga Besar Alumni dalam meraih kesuksesan dan kemakmurannya hingga sampai pada masa kejayaannya. Kesejahteraan itulah yang nantinya akan memberikan nilai kemanfa’atan untuk banyak orang baik secara ekonomi maupun sosial.
  • Hijau : Hijau melambangkan kealamiahan, perubahan, kesegaran dan kontinuitas, disamping itu warna hijau itu sendiri merupakan simbol dari sebuah pertumbuhan, harapan, dan regenerasi melalui bermacam inovasi yang dilakukan tanpa henti. Warna hijau juga menyimpan makna religius, seperti yang sudah diterangkan dalam Q cialisfromuk.com.S. Al-Kah fiayat : 31 bahwa penghuni surga mengenakan pakaian berwarna hijau.

 

ARTI LOGO

Terlihat seperti dua buah tangan yang menyatu secara sejajar, sebagai simbol semua alumni memiliki harkat dan martabat yang sama tidak ada yang lebih tinggi maupun rendah, saling berbagi satu sama lain dalam hal kebaikan. Penyatuan tangan tersebut juga menyimpan pola kubah masjid (lihat tanda warna kuning), menandakan bahwa alumni berasal dari sekolah kejuruan yang berbasis pesantren dan menerapkan pola pendidikan karakter, dengan begitu diharapkan alumni dimanapun mereka berada tetap menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan memiliki budi pekerti yang luhur.

Penyatuan tangan yang saling menggenggam pada ibu jari sebagai simbol kekeluargaan, kekompakan, persatuan dan rasa persaudaraan antar sesama alumni SMK Salafiyah Kajen, terikat dan tergenggam kuat sehingga terlihat satu kesatuan yang utuh dan tidak terpisahkan. Saling menguatkan satu sama lain, sebagai bentuk semangat gotong-royong, dengan bersama banyak hal yang akan bisa dilakukan. Penyatuan tangan yang mengarah ke segala arah mata angin (lihat tanda kuning) memberikan gambaran bahwa alumni tersebar di berbagai daerah baik di dalam maupun luar negeri, dan diberbagai disiplin keilmuan.

Berbentuk seperti matahari bersinar, bermakna bahwa organisasi ini bisa memberikan nilai kemanfaatan untuk sekitar, terutama sekolah & alumni dalam berbagai aspek kehidupan. Memiliki warna merah, kuning biru, tiga warna ini mencerminkan nilai tahapan religius seorang muslim, yakni Iman, Islam dan Ihsan. Menyimpan sebuah do’a dan harapan semoga semua Keluarga Besar Alumni SMK Salafiyah mampu melewati ketiga tahapan tersebut yakni, Iman, Islam dan Ihsan.

 

Berbentuk seperti manusia yang mengangkat tangan ke atas, sebagai simbol bahwa alumni siap menyongsong masa depan, dan mampu berpikir secara visioner. Jika digandakan secara berputar searah jarum jam akan membentuk seperti matahari, akan terlihat orang yang saling mendorong, mensupport dan memberikan dukungan serta saling terikat dan membutuhkan satu sama lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *